Friday, April 7, 2017

Pentingnya Bibit Kurma Kultur Jaringan (Kuljar)

Kurma adalah tanaman berkelamin tunggal. Satu tanaman kurma hanya memiliki satu kelamin saja, jantan atau betina.

Supaya pohon kurma bisa berbuah, kita harus mempunyai sepasang pohon kurma, satu jantan dan satu betina. Mereka harus dikawinkan terlebih dahulu, agar pohon betina berbuah.


(Pohon kurma yang berbuah, pastilah pohon kurma betina) (1)

Masalahnya sebelum pohon kurma berusia dewasa, kita belum mengetahui jantan ataukah betina, karena alat kelaminnya masih belum terlihat. Selama pohon kurma masih kecil dan belum nampak jenis kelaminnya (berbunga) maka kita belum mampu mengetahui secara kasat mata dan pasti apa jenis kelaminnya, kecuali dengan bantuan laboratorium, yang tentunya dengan ekstra biaya. 

Supaya kita tahu jenis kelamin pohon kurma, maka kita harus bersabar menunggu hingga pohon kurma tersebut berumur 4 - 5 tahun, karena di usia-usia tersebut pohon kurma baru berbunga.

Jika anda hanya iseng-iseng menanam satu atau beberapa biji kurma saja, maka jenis kelamin mungkin bukanlah menjadi masalah bagi anda. Tapi jika anda serius ingin menjadi petani kurma yang terfokus pada buahnya, mungkin menanam dari biji akan menjadi masalah bagi anda. Karena peluang mendapatkan kurma jantan dan betina adalah >52% jantan dan 48% betina. Artinya ketika anda memiliki 1000 biji kurma, maka besar kemungkinan anda akan mendapatkan 550 kurma jantan dan 450 kurma betina. Jumlah tersebut tentu saja kurang baik secara ekonomi, anda akan rugi, karena satu pohon kurma jantan bisa dikawinkan dengan 5 hingga 10 pohon kurma betina.

(Bibit kurma kultur jaringan masih dibiakkan didalam laboratorium) (2)

Dengan membeli bibit kurma kultur jaringan kita bisa memesan jenis kelamin bibit kurma yang kita kehendaki. Karena prinsip dari kultur jaringan adalah memperbanyak satu species menjadi puluhan hingga ratusan. Ibarat fotocopy atau kloning, maka bibit hasil kultur jaringan dapat dipastikan 99% sama dengan sumbernya.

Bagi calon petani kurma, dengan adanya bibit kultur jaringan ini, memungkinkan mereka bisa mengatur berapa jumlah kurma jantan dan betina dalam satu area lahan. Idealnya, setiap 1 pohon kurma jantan memungkinkan dikawinkan dengan 5-10 pohon kurma betina, tergantung banyaknya serbuk sari yang dimiliki kurma jantan.

Nah katakanlah lahan anda 1 hektar. Dan anda merencanakan menanami pohon kurma sebanyak 100 pohon dengan komposisi 10 kurma jantan dan 90 kurma betina, dengan asumsi anda 1 pohon kurma jantan mengawini 10 pohon kurma betina. Bisakah anda berspekulasi jumlah pohon kurma jantan-betina itu dengan menanam biji kurma?

(Kebun kurma,  dengan kuljar anda bisa mengatur berapa dan  dimana posisi kurma jantan dan betinanya) (3)

Untuk itulah, kurma kultur jaringan sangat penting bagi kita yang ingin serius membudidayakan kurma secara komersial.

Selamat menanam kurma!

Sumber gambar :

1) University of Nizwa, Current research Activities Under the Chair, <www.unizwa.edu.om/index.php?contentid=1294&lang=en

2) Vitropalm Technology Spain. 2012. <www.vitroplam.com

3) Al Baraka Farm. Photograph : Media Plus.2015 <albarakafarms.com/date-palm-selection


    

No comments:

Post a Comment